Login or Register to make a submission.

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.
  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  • The submission has not been previously published, nor is it before another journal for consideration (or an explanation has been provided in Comments to the Editor).
  • The submission file is in OpenOffice, Microsoft Word, or RTF document file format.
  • Where available, URLs for the references have been provided.
  • The text is single-spaced; uses a 12-point font; employs italics, rather than underlining (except with URL addresses); and all illustrations, figures, and tables are placed within the text at the appropriate points, rather than at the end.
  • The text adheres to the stylistic and bibliographic requirements outlined in the Author Guidelines.

Author Guidelines.

Umum

Semua  naskah yang dikirim  ke Jurnal Kesehatan Al-Irsyad  adalah karya asli dan belum pernah dipublikasikan sebelumnya. Artikel yang telah diterbitkan menjadi hak milik redaksi dan naskah tidak boleh diterbitkan dalam bentuk apapun tanpa persetujuan redaksi. Pernyataan di artikel sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Dewan redaksi akan mempertimbangkan agar penulis memperbaiki isi dan gaya serta teknik penulisan apabila diperlukan. Redaksi dapat menyingkat dan memperbaiki tulisan yang akan dimuat tanpa mengubah maksud dan isinya.

Jenis Artikel

Jenis artikel yang diterima redaksi adalah: hasil penelitian dan pengabdian masyarakat oleh dosen dalam bidang kesehatan. Untuk artikel pengabdian akan diterbitkan dalam edisi khusus. Artikel m a k s i m a l 1 2 halaman di luar daftar pustaka, huruf Times New Roman 12, ketikan 1,5 spasi dan ukuran kuarto A4 (210 x 297 mm). Margin atas-kiri 3 cm dan kanan-bawah 2 cm. Tulisan yang dikirim ke admin dibuat dalam 2 kolom untuk mempermudah editing.

Judul Artikel

Judul tidak boleh lebih dari 12 karakter untuk yang berbahasa Indonesia, dan maksimal 10 karakter untuk yang berbahasa Inggris. Jika lebih dari ketentuan itu maka dijadikan anak judul. Namun hindari hal ini, karena akan menimbulkan kesan bertele-tele, kecuali untuk tulisan berseri. Judul ditulis dengan ukuran huruf yang sama dengan isi tulisan. Judul ditulis dengan huruf kapital dan bold dengan spasi 1. Untuk judul berbahasa Inggris ditulis di bawah judul berbahasa Indonesia dengan huruf besar hanya di awal setiap kata kecuali kata sambung, italic, bukan Bold dan dienter 1x dari judul berbahasa Indonesia. Pada halaman muka, selain judul juga mengandung baris kepemilikan/nama penulis, institusi penulis, abstrak dan kata kunci. Urutan penulisannya (1) Judul – bold (2) Baris kepemilikan – bold (3) Institusi Penulis.

Pencantuman nama penulis dan lembaga penulis

Tuliskan nama lengkap seluruh nama penulis tanpa gelar di bawah judul berbahasa Inggris dengan  jarak 1 spasi dari judul. Tuliskan angka 1, 2 atau 3 yang menyatakan urutan kedudukan  penulis sebagai  penulis 1, 2, dst. Untuk  penulis yang menjadi tujuan  alamat korespondensi dibubuhkan tanda bintang di belakang angka urutan penulis. Nama dan instansi tempat penulis bekerja/belajar ditulis lengkap di bawah nama penulis dengan jarak  1 spasi font 10 TNR. Dibawahnya ditulis alamat korespondensi yang berisi email salah satu penulis. Jika tulisan ditulis oleh 2 atau lebih orang, dan berasal dari institusi yang sama, maka nama institusi yang dicantumkan cukup satu saja.

Contoh: 1,2  Health Science Institute Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap (menunjukkan bahwa penulis 1 dan 2 berasal dari institusi yang sama). Dibawahnya ditulis alamat STIKES. Alamat korespondensi ditujukan bagi pembaca dan editor yang ingin menghubungi penulis lebih lanjut. Alamat korespondensi ditulis di bawah nama institusi penulis, terdiri dari alamat tujuan surat dan email salah satu penulis. Jika penulis lebih dari satu, maka alamat penulis yang dijadikan alamat korespondensi ditandai dengan tanda bintang di belakang angka yang menunjukkan penulis.

Abstrak

Abstrak ditulis dalam dua bahasa, bahasa Indonesia dahulu, baru bahasa Inggris. Kata “abstrak” ditulis dengan huruf capital dan bold, font TNR 12, dengan jarak 1 spasi dengan isi abstrak. Abstrak berisi pendahuluan, metode, hasil dan kesimpulan yang tidak dalam bentuk sub judul. Alinea hanya satu ketika di awal abstrak sejauh 1 cm dari margin kiri. Abstrak ditulis dalam satu spasi dan tidak lebih dari 250 kata. Abstrak berbahasa Indonesia dan berbahasa Inggris harus TIDAK LEBIH DARI SATU HALAMAN.

Kata kunci

Kata-kata pokok dalam penelitian, dapat diambil dari variable penelitian, karakteristik subjek penelitian, dan teori yang diacu. Jumlah kata kunci yang disajikan umumnya terdiri 3 – 8 kata. Kata yang dipilih tidak dengan mengulang judul. Bahasa kata kunci menyesuaikan jenis bahasa dalam abstrak. Diperbolehkan menggunakan kata yang tidak tercantum sama sekali di artikel. Jarak kata kunci dengan isi abstrak adalah 2x spasi, rata kiri. Untuk abstrak berbahasa Inggris ditulis italic semua.   Tulisan “Keyword” untuk kata kunci pada abstrak berbahasa Inggris, dan tulisan “Kata kunci” untuk kata kunci pada abstrak berbahasa Indonesia, ditulis bold, TNR 12, dan huruf capital hanya pada huruf “K” untuk kata “Keyword” atau “Kata Kunci”

Sistematika pembaban

Sistematika  yang dipakai  adalah: pendahuluan,  metode, hasil, pembahasan,  kesimpulan, daftar pustaka. Sub judul berhuruf kapital semua dan bold. Jika ada anak sub judul, maka ditulis capital pada huruf pertama saja serta di bold. Pendahuluan berisi perkenalan masalah/ tinjauan pustaka dan tujuan yang melatarbelakangi dilakukan kegiatan yang dilaporkan. Panjang ideal pendahuluan tidak melebihi 10% tulisan. Pendahuluan ditulis dengan huruf kapital dan bold. Sub judul metode ditulis ”METODE” saja dan bukan ”Metode Penelitian”. Panjang ideal metode adalah 15% panjang naskah. Sub judul metode ditulis dengan huruf awal kata kapital, seterusnya huruf kecil dengan jarak antar baris dalam sub judul adalah 1 spasi. Sub judul metode dapat berisi alat dan bahan yang digunakan dalam penelitian ataupun tahapan penelitian. Hasil ditulis ”HASIL” saja dan bukan ”Hasil Penelitian”. Panjang ideal hasil sekitar 35% dari keseluruhan tulisan. Sedangkan pembahasan menempati sekitar 35% panjang tulisan.

Tabel terdiri atas garis horisontal maksimal 3 baris: garis paling atas, garis tengah dan garis penutup. Garis vertikal sama sekali tidak diperbolehkan. Tabel tidak harus menempati satu dari 2 pembagian kolom. Satu tabel boleh menggunakan 2 kolom.  Judul tabel ditulis di atas tabel dengan spasi satu, huruf Times New roman 12, bukan bold, rata kiri dan ditulis di luar tabel, dengan huruf kapital hanya di awal kalimat. Angka tabel maksimal 3 (tiga) angka dibelakang koma (menggunakan ”koma”, bukan titik). Catatan kaki ditulis dibawah tabel di luar garis tabel. Huruf dalam tabel menggunakan font TNR 10, dan judul tabel menggunakan font 12 spasi 1. Untuk grafik/gambar/diagram harus menunjukkan hubungan yang jelas antara sumbu  X dan sumbu Y. Sumbu yang digunakan cukup satu sumbu x dan satu sumbu y. Keterangan gambar/diagram ditulis dibawah gambar dengan font 10, dan rata kiri. Garis bantu dalam diagram tidak perlu dicantumkan. Tidak diperkenankan berwarna, namun diperbolehkan menggunakan  pembeda gambar misalnya dengan tanda arsir, kotak, dsb. Jangan menambahkan  tulisan/ keterangan  gambar dalam grafik, semua di  jelaskan di keterangan gambar, di catatan kaki, di luar grafik. Semua file dalam bentuk word, termasuk gambar dan tabel.  Untuk gambar dan tabel dipisah dalam file tersendiri, diberi keterangan gambar dan tabel. Footer: jenis footer yang digunakan adalah alphabet, dengan tulisan ”page” di sebelah kanan dihilangkan. Footer sebelah kiri berisi tulisan Jurnal Kesehatan Al-Irsyad (JKA), Vol. ...., No. ...., ....., .... dengan huruf TNR 10.

Penyerahan Tulisan

Penyerahan artikel dialamatkan ke Sekretariat Redaksi Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, STIKES Al- Irsyad Al-Islamiyyah Jl. Cerme No.24, Cilacap 53223 / dikirim melalui email: lp2m.stikes.aiaic@gmail.comKirimkan sebanyak 2 eksemplar yang berisi: judu dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggri, nama penulis dan instansi penulis, alamat korespondensi, abstrak dalam bahasa Indonesia dan dalam bahasa Inggris, keyword, pendahuluan, metode, hasil, pembahasan, kesimpulan dan daftar  pustaka. Halaman judul berisi judul artikel (tidak menggunakan singkatan), nama penulis tanpa gelar, nama departemen dan institusi, dan alamat korespondensi. Nama penulis yang tercantum adalah penulis yang bertanggung jawab terhadap isi artikel.

Daftar Rujukan Pustaka

Rujukan kepustakaan tidak lebih dari 25 buah dan edisi yang tidak terlalu lama (untuk terbitan tahun 2014 masih diperbolehkan maksimal 10 tahun). Judul daftar ”Rujukan Pustaka” ditulis di tengah halaman atas. Urutan daftar rujukan pustaka diawali dengan nama penulis berdasarkan alfabet nama keluarga penulis, menggunakan sistem harvard.

Informasi

Jurnal yang akan diterbitkan merupakan jurnal hasil seleksi. Semua dosen di STIKES Al- Irsyad maupun  dari institusi lain berhak untuk mengajukan penerbitan artikel ilmiahnya. Jurnal yang akan diterbitkan di JKA ini adalah jurnal yang telah lolos seleksi oleh reviewer. Apabila diperlukan ucapan terimakasih, agar dicantumkan di bagian akhir naskah. Ucapan terima kasih ditujukan kepada pribadi atau lembaga yang memberikan kontribusi besar secara ilmiah untuk terselenggaranya penelitian tersebut.

Contoh: Penulis mengucapkan terima kasih kepada Prof. X, Dr Y atas saran, dan fasilitas laboratorium sehingga memudahkan penulis menyelesaikan penelitian ini. Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Ketua STIKES, UPT PPM dan bagian ICT yang telah menyediakan fasilitas lainnya berupa dukungan pendanaan, dan koneksi internet dalam penelusuran literatur yang kami butuhkan.

 

Privacy Statement

Publication Ethics and Malpractice Statement

Pharmaqueos Journal is a research journal and critical analysis study in the field of pharmacy. The following statement explains the ethical behavior of all parties involved in the act of publishing articles in this journal, including the authors, editors, reviewers, and publishers (STIKES Al-Irsyad Al-Islamiyyah Cilacap, Cilacap, Indonesia). This statement is based on COPE’s Best Practice Guidelines for Journal Editors.